Selasa, 01 Oktober 2013

BBM Lintas Platform Segera Rampung


Produsen ponsel pintar asal Kanada, BlackBerry memperkirakan aplikasi andalannya BlackBerry Messenger (BBM) sudah bisa diunduh oleh pengguna platform Android dan iOS pada pertengahan Oktober mendatang.
"Dalam satu atau dua minggu lagi saya kira sudah bisa. Tapi tim BBM kami terus bekerja 24 jam untuk itu," kata Senior Country Product Manager BlackBerry Southeast Asia, Ardo Fadhola usai peluncuran BlackBerry 9720, di Jakarta, Selasa 1 Oktober 2013.

Seperti diketahui, BlackBerry memutuskan untuk menunda peluncuran resmi BBM lintas platform yang akan tersedia di platform iOS dan Android setelah mengalami masalah teknis pada percobaan peluncurannya 21 September lalu. BlackBerry menyatakan penundaan sementara ini karena mengalami masalah teknis akibat banyaknya aplikasi BBM palsu yang beredar.

Ardo menjelaskan, masalah teknis saat itu terjadi lantaran sempat ada leak version yang belum rampung. Akibatnya, lalu lintas BBM melonjak sehingga mengacaukan stabilitas sistem BlackBerry. "Jadi kami shut-down dulu yang leak versionnya, kemudian lagi kami rolling-out pelan-pelan untuk yang official versionnya," ujar dia.

BlackBerry membuka aplikasi BBM lintas platform ini untuk merebut pasar pengguna iOS dan Android di seluruh dunia yang mencapai 980 juta. Dengan begitu, nantinya BlackBerry bisa menyediakan banyak layanan pada BBM baik gratis maupun berbayar demi meningkatkan keuntungan.
"Kalau marketnya sudah besar kami bisa tawarkan service menarik misalnya developer membangun suatu aplikaasi atau layanan berbayar di BBM," ujarnya.

Meski sudah mantap membuka aplikasi BBM di iOS daan Android, namun Blackberry belum akan masuk ke platform Windows Phone dalam satu hingga dua tahun ke depan. Alasannya, pasar pengguna Windows Phone masih tergolong kecil.
"Saat ini bisa dibilang kami masih sangat sibuk untuk rolling-out di dua platform, iOS dan Android," kata Ardo.

Terkait fokus bisnis BlackBerry ke depan, ia menjelaskan, perusahaan tengah menata ulang fokus bisnis yang dijalani. Mulai tahun ini, BlackBerry sudah tidak lagi meluncurkan produk dengan berbagai varian, dan akan fokus dengan platform BB10.

Tahun depan, lanjutnya, BlackBerry dipastikan hanya akan meluncurkan empat ponsel pintar berupa dua produk kelas menengah ke bawah dan dua produk untuk kelas menengah ke atas.
"Kami mulai mengembangkan bisnis dari berbagai jalur, BBM juga akan jadi salah satu feature bisnis kami, karena itu kami expand dulu sebelum harmonisasi. Device akan lebih fokus pada segmen dan spek tertentu," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes